Chapter "Mission Execute Operation Brighton!" Dalam Game Pokémon Ranger of Shadow Almia

Mission Execute Operation Brighton!
Beberapa preman TDS menyerang keduanya dengan beberapa gelombang Pokémon, akan tetapi mereka semua dikalahkan. Preman mencoba menggunakan kekerasan untuk mengusir keduanya, tetapi Rangers dari Vientown tiba dan membantu menangkap preman. Pemain dan Keith masuk ke lift dan berhasil mengetahui kata sandi Isaac untuk mengoperasikannya. Tiba-tiba, lift berhenti dan dilanggar oleh penjahat TDS yang menyerang Player dengan Dusclops. Setelah mengalahkan goon, Player dan Keith menggunakan tangga tali yang digunakan goon untuk memasuki lift untuk masuk ke saluran kerja Altru. Keduanya menavigasi saluran, mengalahkan lebih banyak preman TDS, dan mencapai lantai 9 melalui lubang angin.

Mereka menemukan ruangan tempat Permata Kuning disimpan terkunci oleh gerbang yang hanya bisa dibuka dengan menghancurkan empat unit Miniremo khusus milik admin TDS. Setelah menemukan keempat admin dan menghancurkan Miniremo mereka, gerbang dibuka dan Pemain bertarung dan mengalahkan admin kelima. Pemain dan Keith mengambil Permata Kuning dan para ilmuwan Altru yang ditangkap mengungkapkan bahwa Isaac dan Melody berada di lantai 10 dan menonaktifkan kunci listrik.

Player dan Keith mencapai lantai 10 dan disergap oleh preman TDS, tetapi penyerang mereka dikalahkan. Keduanya kemudian menonaktifkan medan listrik yang menghalangi jalan ke ruangan tempat Isaac dan Melody berada. Meskipun medan tersebut dinonaktifkan, pintunya terkunci rapat, sehingga keduanya memanggil Barlow untuk menggunakan target manusianya untuk masuk ke ruangan. Namun, kekuatan Barlow saja tidak cukup sehingga ketiga ranger melakukan target manusia dengan jelas dan masuk ke ruangan. Saat masuk, preman TD yang menyandera Isaac dan Melody mengungkapkan bahwa Isaac telah selesai membuat penyesuaian terakhir sebelum menyerang Player. Preman dikalahkan dan ditangkap oleh Barlow yang membawa Melody kembali ke rumah ke tempat yang aman. Isaac kemudian bergabung dengan Player dan Keith dalam menonaktifkan penghalang. Ketiganya berhasil melewati preman TDS terakhir dan mencapai Mesin Luar Biasa.

Keith mengambil Permata Kuning dan bersiap untuk bertemu dengan Sven dan Wendy di Staraptor. Namun, Lavana muncul dan menyerang Keith dengan Magmortarnya, mengirimnya terbang dan menyebabkan dia menjatuhkan Permata Kuning. Lavana merebut kembali permata itu, tetapi sebelum dia dapat menyerang Pemain, Mesin Luar Biasa diaktifkan dan Lavana menentukan bahwa itu akan mencapai kekuatan maksimum pada tengah malam, hari ulang tahun Altru. Lavana mundur ke Incredible Machine dan Unit Crimson miliknya menyerang Player. Setelah mengalahkan Unit Crimson, Prof. Hastins mengirim pesan suara ke Pemain dan mengetahui apa yang terjadi pada Keith.